Ads Here

Selasa, 31 Juli 2018

Upgrade Mikrotik Router OS


Mikrotik Router OS adalah sistem operasi yang dijalankan pada perangkat routerboard, selain itu mikrotik router OS juga dapat diinstall pada PC (personal computer). Sebagaimana selayaknya software lainnya pasti akan selalu dilakukan pembaharuan, begitu pula mikrotik router OS. Pembaharuan (upgrading) dilakukan dalam rangka memperbaiki bug atau celah keamanan, menambah fitur atau alasan lainnya supaya sistem operasi bisa berjalan stabil dan optimal.
Sebenarnya semua versi RouterOS mempunyai fitur atau fungsi yang sama. Mikrotik terus menambah fitur baru dan meningkatkan kinerja serta stabilitas dengan merilis update versi. Untuk setiap penambahan atau perbaikan dalam setiap versi routerOS, mikroTik selalu menyertakan changelog. Contoh changelog pada setiap versi routerOS bisa dilihat pada saat ingin melakukan download versi terbaru.


Upgrade mikrotik router OS bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu secara manual ataupun otomatis. Pada artikel kali  ini kita akan membahas upgrading dari routerOS v5.9 ke v6.40.8 pada RB750, upgrading dari versi v5.9 tidak bisa langsung dilakukan ke v6.40.8 karena bisa jadi malah menghilangkan lisensinya. Sebagaimana tertera di website resminya, untuk melakukan upgrade ke versi terbaru misal dari versi 3.xx ke versi 6.xx, dianjurkan untuk melakukan upgrade secara bertahap. Jadi apabila current version adalah 3.xx maka terlebih dahulu di upgrade ke v4.xx -> v5.xx -> v6.xx, sehingga upgrading dilakukan dari v.5.9 ke v5.26 (secara manual) kemudian v5.26 ke v5.40.8 (secara otomatis).

Upgrade Mikrotik RouterOS secara manual

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk kedalam mikrotik melalui winbox dengan akun admin, kemudian masuk ke menu System -> Packages. Terlihat informasi RB750 menggunakan versi v5.9 dengan arsitektur mipsbe.

Langkah kedua masuk ke www.routeros.co.id kemudian cari, pilih dan unduh v.5.26 (routeros-mipsbe-5.26.npk)

Langkah ketiga setelah proses download selesai, cari file .npk hasil mengunduh dan copy (CTR+C) untuk selanjutnya kita upload ke routerboard dengan cara masuk ke menu Files -> klik icon paste
Tunggu sampai proses uploading selesai (tidak lama kok) dan akan terlihan file routeros-mipsbe-5.26.npk sudah berhasil di-upload.
Langkah keempat adalah restart routerboad dengan masuk ke menu System -> Reboot dan tunggu sampai proses selesai. Pastikan supplai listrik tidak terputus saat proses rebooting, karena mikrotik melakukan proses instalasi versi terbaru saat rebooting.

Setelah proses rebooting selesai, silahkan masuk lagi ke winbox dan cek versi routerOS yang terinstall sudah v5.26 dan proses upgrading v5.9 ke v5.26 sudah selesai. Selanjutnya proses upgrading v5.26 ke v6.40.8 dilakukan secara otomatis.

Upgrade Mikrotik RouterOS secara otomatis

Berbeda dengan upgrading secara manual dimana kita bisa memilih versi yang akan digunakan, pada upgrading secara otomatis kita tidak dapat menentukan sendiri versi upgrade dari routerOS. Secara otomotis router akan mencari versi RouterOS terbaru. Langkahnya pun lebih mudah, dengan cara masuk ke menu System -> Packages -> Check for Updates -> Download & Upgrade. Terlihat routerOS akan di-upgrade ke versi v6.40.8 yaitu versi terbaru saat proses upgrading ini dilakukan.
 Tunggu sampai proses upgrading selesai dan bisa dicek mikrotik routerOS sudah terinstall v6.40.8.
Tips
Jika jaringan sudah stabil dengan menggunakan versi tertentu, akan lebih baik dipertahankan untuk menggunakan versi yang sama. Jangan terlalu sering upgrade / downgrade.
- Setiap versi memiliki kelebihan masing-masing dan terkadang hasil nya akan berbeda pada hardware yang berbeda. Biasakan membaca changelog.
- Hati-hati jika melakukan upgrade ke versi 6.20 atau yang lebih baru, khususnya pada Router yang menggunaakn secondary storage.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

METODE AUTENTIKASI SERVER HOTSPOT MIKROTIK

Sudah banyak tutorial bertebaran di internet cara setup hotspot pada mikrotik, sehingga kali ini kita tidak akan membahas itu, kali ini...